Tata Cara Shalat Ihram

Shalat sunnat yang berhubungan dengan ibadah yang lain

Yang dimaksud dengan shalat sunnat yang berhubungan dengan ibadah yang lain adalah shalat sunnat yang pelaksanaannya itu ada kaitannya atau berhubungan dengan ibadah ibadah yang lain.

Adapun shalat (sunnat) yang termasuk dalam kategori shalat sunnat yang berhubungan dengan ibadah yang lain adalah sebagai berikut :

D idalam blog ini akan kami bahas secara rinci mengenai shalat shalat shalat tersebut. Akan tetapi, untuk kali ini kami akan membahas mengenai shalat : 

SHALAT IHRAM

Shalat sunnat Ihram adalah shalat sunnat yang dikerjakan sebelum melakukan iram. Shalat sunnat ihram ini hanya dapat dikerjakan oleh orang orang yang menunaikan ibadah haji ke Baitullah. Dan hukum mengerjakan shalat ihram bagi seseorang yang dapat menunaikan ibadah haji adalah sunnat muakkad.

Tata cara shalat ihram

Pada dasarnya tata cara mengerjakan shalat sunnat ihram sama saja dengan mengerjakan shalat shalat sunnat lainnya. Hanya saja niatnya yang berbeda, niatnya yaitu sebagai berikut :


Berdasarkan kesepakatan para Ahli Fiqih ( ittifaq Fuqoha' ), letak niat ada di dalam hati ( wajibnya ). Dan menurut Jumhur Fuqoha' ( mayoritas Ahli Fiqih ) kecuali Maliki, bahwa " pengucapan" niat dengan lisan hukumnya sunnah, hal ini karena membantu hati dalam merealisasikan niat tersebut. Agar pengucapan dan pelafalan itu membantu " daya ingat", sedangkan Maliki tidak memandangnya sunnah karena tidak manqul dari Nabi saw. (Sumber : mudarosahkajianfiqih.blogspot.com)

Bilangan rakaat shalat ihram

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tata Cara Shalat Ihram