Manfaat Dan Keutamaan Puasa Senin Kamis Bagi Tubuh

Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi TubuhTak hanya Rasulullah yang menyarankan puasa Senin Kamis, akan tetapi ada hikmah yang terdapat di dalamnya. Selain memiliki pahala yang besar untuk yang mengerjakannya, ternyata puasa ini biasanya begitu berperan dalam kesehatan fisik. Hal semacam ini baru dapat dibuktikan sesudah beberapa ilmuwan Barat mempelajari mengapa dalam Islam diperintahkan untuk melaksanakan puasa wajib serta disarankan melaksanakan puasa sunah. 

Manfaat Dan Keutamaan Puasa Senin Kamis Bagi Tubuh

Satu diantara riset mengenai puasa ini yaitu riset yang dikerjakan oleh National Health Service (NHS). Mereka menyebutkan jika puasa selang-seling (puasa Senin Kamis/puasa Daud) nyatanya bukan sekedar membantu kesehatan keseluruhannya namun juga begitu bermanfaat untuk turunkan berat tubuh terutama untuk yang lakukan diet. Manfaat puasa menurut teori yang dikemukakan oleh mereka, kalau badan kita ini mempunyai hormon pertumbuhan yang di kenal dengan nama IGF-1. Hormon ini berperan dalam menolong sistem tumbuh-kembang saat kita masihlah kecil. Saat kita sudah dewasa hormon itu dapat mengakibatkan penuaan, sesaat bila pertumbuhannya melampaui batas bisa mengakibatkan kanker, diabetes dan penyakit yang lain. 



Melaui melaksanakan puasa, sehingga dapat turunkan tingkat IGF-1, yang diakui oleh beberapa ilmuwan dapat memperlambat perkembangan beberapa sel baru serta mendorong badan untuk melakukan perbaikan beberapa sel yang sudah ada. Puasa dapat juga mempercepat sistem pembakaran lemak, hingga kita bisa turunkan berat tubuh dengan cepat. Disamping itu berdasar pada riset yang dikerjakan oleh Baltimore National Institute on Aging, menyebutkan kalau puasa sekali atau 2 x dalam sepekan (puasa Senin Kamis ) bisa membuat perlindungan otak dari penyakit seperti Alzheimer serta Parkinson. Mereka menamakan puasa ini dengan Diet 5 : 2. Disebutkan diet 5 : 2, lantaran kita lakukan puasa dua hari kurun waktu tidak sama dalam sepekan. Sedang bekasnya 5 hari kita tak berpuasa. Kalori yang dikonsumsi ketika berpuasa, untuk pria bisa konsumsi 600 kalori serta wanita cuma 500 kalori. 

Demikian tadi beberapa hikmah mengapa dianjurkannya puasa Senin Kamis. Maka dari itu, mari kita tingkatkan amal beribadah puasa kita satu diantaranya dengan puasa Senin Kamis. Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat atau hikmah dari puasa senin kamis ini. Akan tetapi manfaat yang dapat kami tuliskan di blog ini baru segitu. Kami menyarankan saudara-saudara muslim untuk melakukan puasa senin kamis ini. Mengingat puasa senin kamis ini banyak hikmahnya. Selain itu, dengan melakukan senin kamis ini semoga semakin bertambah keimanan disisi Alloh SWT. Demikianlah ulasan kami mengenai Manfaat Puasa Senin Kamis 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Dan Keutamaan Puasa Senin Kamis Bagi Tubuh