Kumpulan Doa Sehari Hari Update

Kumpulan Doa Sehari Hari | Doa diartikan sebagai permintaan atau permohonan dari pihak yang berkedudukan rendah kepada pihak yang berkedudukan lebih tinggi. Pihak yang memiliki kedudukan rendah yaitu manusia sedangkan pihak yang memilki kedudukkan lebih tinggi adalah Allah SWT. Kita memohon kepada Allah karena Dialah hakikat yang memiliki kebesaran, ketinggian, kemuliaan, keagungan, dan Allah pasti akan mengabulkan segala permintaan hamba-Nya. 

Pada saat kita berdoa pada hakikatnya kita sangat membutuhkan pertolongan Allah SWT. Ketika berdoa, kita menghadapkan hati kepada Allah dengan tulus dan tawadhu. Dan perlu kita yakini adalah bahwa Allah pasti akan mengabulkan doa kita. Nah, berikut ini adalah beberapa doa yang mungkin akan kita ucapkan dalam keseharian kita.

Doa Bila Menghadapi Perkara Yang Membingungkan 

Bingung mengenai harta atau persoalan pribadi, maka dari Said bin Hakim ra : Sesungguhnya Rasulullah SAW. pernah khawatir karena dikenai sesuatu, kemudian beliau mengucapkan. 


ALLAAHUMMA BAARIK FIIHI WA LAA TADLURRAH 

Artinya: 

‘Berkahilah semua (sesuatu lersebut yang rnenyebabkan) janganlah Engkau memberikan kesengsaraan karenanya.’ 

Doa Ketika Ada Angin Ribut 

Dan Aisyah ra. ja berkata, kalau Rasulullah SAW. menemui angin yang kencang beliau mengucapkan : 



ALLAAHUMMA INNI AS-ALUKA KHAIRAHA WA KHAIRA MAA FIIHA WA KHAIRA MAA UR-SILAT BIHI, WA-A’UUJDZU BIKA MIN SYARRIHA WA SYARRIMAA FIIHA WA SYAR RIMA UR-SILAT BIHI 

Artinya: 

‘Ya Allah, aku mohon kebagusan karenanya dan mohon kebagusan yang ada didalamnya dan mohon kebagusan lantaran di datangkan angin. Aku mohon perlindungan kepadaMu atas bahaya yang ditimbulkan angin, bahaya yang ada didalamnya dan bahayanya suatu bentuk karena datangnya angin kencang.” 

Doa Ketika Melihat Bintang Pindah 

Yang dimaksud bintang pindah ialah cahaya terang yang meluncur dan atas dan tiba-tjba musnah. Maka dan Ibnu Said ra, ia berkata ; kita diperintahkan (oleh Rasulullah SAW.) apabila ada bintang pindah sekali-kali jangan melihat yang teramat sangat, namun kita diperintahkan ketika itu mengucapkan : 


MAA SYAA-ALLAAHU LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH. 

Artinya: 

"Atas kehendak Allah sesuatu terjadi, tidak ada kekuatan kecuali dan Dia" 

Doa Ketika Hujan 

Dari Aisyah ra. sesungguhnya Rasulullah SAW Ketika melihat hujan mengucapkan : 



ALLAAHUMMA SHAYYIBAN NAAFI’AAN 

Artinya : 

" Ya Allah, berilah kami hujan yang membwa manfaat ” 
Diterangkan Ibnu Majjah ; diucapkan 2 kali atau 3 kali 

Doa Lailatul Qadar 

Dengan beberapa Sanad dan Shaheh diterangkan dalam Kitabnya At Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majjah dan Iain-lainnya, bahwa dan Aisyah ra. Berkata kepada Rasulullah : Ajarkanlah kepadaku, kalimat apa yang aku ucapkan ketika tiba Lailatul Qadar ucapkanlah : 



ALLAAHUMMA INNAKA ‘AF-WUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’ FU’ANNI 

Artinya:

‘Ya Allah, Engkaulah Dzat yang Maha pengampun dan senang mengampuni, maka ampunilah aku.” 

Beberapa hari yang lalu kami juga telah memposting kumpulan doa sehari hari pada blog ini. Anda dapat melihatnya melalui link di bawah ini :

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kumpulan Doa Sehari Hari Update