Kumpulan Doa Sehari Hari Lengkap

Kumpulan Doa Sehari Hari LengkapAllah akan mengabulkan doa para hamba-Nya, harus yakin betul bahwa Allah pasti mengabulkan apa yang diminta. Hanya saja pengabulan itu yang membutuhkan kesabaran, karena Allah mengabulkan doa seseorang ada yang langsung, ada yang tidak langsung. Bahkan ada doa seorang hamba yang berdoa sungguh-sungguh semasa hidupnya akan tetapi sama sekali tidak merasa dikabulkan oleh Allah sampai ia meninggal dunial,hal ini jangan dikatakan bahwa Allah tidak mengabulkan doanya, karena hasil daripada doanva biasanya dimiliki oleh anak cucunya kelak, kalau tidak cucunya herarti seterusnya masuk pada keturunan yang keberapa begitu. 

Sehingga menanti kabulan dan Allah butuh kesabaran karena bisa saja Allah mengabulkan pada hari itu akan membuat jelek akhlak dan hidup yang bersangkut, karena Allah yang lebih bijak sana mengatur semuanya dan lebih mengetahui apa yang terbaik buat makhluknya, jadi jangan tergesa-gesa, karena biasanya tergesa-gesa itu pekerjaannya syetan dan orang yang suka tergesa-gesa tidaklah akan merasakan kenikmatan. 

Doa itu perisai bagi umat Islam, sebagai penjagaan diri dan benteng yang kokoh luar dan dalam. Doa itu pedang bagi umat Islam, ia akan melindungi dan menumpas yang sengaja berbuat jelek kepadanya. Tanpa doa seseorang akan merasa kesulitan mencari sandaran guna menumpahkan hati dan keselamatan diri. Tumpahan hati di dunia terkadang berubah menjadi racun, tidak membahagiakan dan bahkan kebanyakan menyengsarakan yaIlg pada akhirnya mengenyampingkan agamanya. Tumpahan hati yang hakiki ialah kepada Illahi, karena di Sanalah sesungguhnya ujung yang paling sempurna. 

Kami berusaha menukil doa-doa penting daro kitab ADZKAR karangan MUHYIDDIN ABU ZAKARIYAH YAHYA (Damsyik Asy Syaafi’i : 621-676 H). Semoga doa-doa yang dialihkan nanti bermanfaat bagi khalayak dan khusus buat penukil, amiin. Sebelumnya kami juga telah posting mengenai Kumpulan Doa Sehari Hari Part I. Silahkan kunjungi Link berikut ini untuk membaca artikel tersebut.
Kumpulan Doa Sehari Hari Part I

Doa Menghilangkan Kesusahan 

Ketika Rasulullah dilanda kesusahan karena suatu perkara, ia menengadahkan kepalanya ke langit dan mengucap : 



SUB-HAANALLAHIL ‘ADHIIM 

Artinya: 

"Maha Suci Allah. Dzat yang maha Agung.” 

Apabila kesusahan itu teramat sangat, beliau mengucapkan: 



YAA HAYYUU YAA QAYYUUUM. 

Artinya: 

‘Wahai Dzat yang rnenghidupkan dan menegakkan.” 

Dalam Kitab Ibnu Sina, dan Abu Qatadah ra. ia berkata, “Rasulullah saw bersabda, Barang siapa yang ketika susah membaca Ayat Kursi dan ayat akhir dari surat Al Baqarrah, maka Allah ‘Azza wa Jafla akan menolongnya.” 

Doa Ketika Dikagetkan Sesuatu 

Dan Tsauban ra. ketika Rasuluullah SAW. Dikagetkan oleh sesuatu. beliau mengucapkan : 



HUWALLAH, ALLAAHU RABBI LAA SYARRIIKA LAH 

Artinya: 

"Allah, Allah Tuhanku, tidak ada yang menyekutukan kepada Engkau.” 

Doa Takut Dengan Golongan Orang 


Dan Abu Musa Al Asy’ari ra. sesungguhnya Nabi saw  bersabda, apabila seseorang takut dengan suatu kaum, maka berdoalah: 

 
 

ALLAAHUMMA INNAA NAJ-ALUKA FII NUHUURRIHIM, WA NA’UUDZUBIKA MIN SYUKUURIHIM

Artinya: . 

‘Ya Allah, kami minta atas golongan itu, (ialah) jagalah kami dan keburukan-keburukannya.” 

Doa Ketika Melihat Musuh 

Dari Annas ra. kata Annas. “Ketika kami sedang bersama Rasulullah dalam satu peperangan, kami melihat musuh dan aku menengar Rasulullah mengucapkan : 



YAA MAALIKI YAUMIDDIIN, IYYAAKA A’BUI)U WA IYYAA KA AS-TA’IIIN. 

Artinya: 

“Wahai Dzal yang merajai hari akhir, kepadaMu aku menycembah dan kepadaMu jua aku mohon pertolongan.” 

Doa Ketika Menghadapi Perkara Yang Menyulitkan 



ALLAAHUMMA LAA SAHLA ILLAA MAA JA’ALTAHU SAH LAN, WA AN-TA TAJ-ALUL HAZNA IJDZAA SYI’TA SAH-LAN 

Artinya:

‘Ya Allah, tidak ada kemudahan atas sesuatu kecuali Engkau yang Menjadikan mudah, Engkau menjadikan kesulitan apa bila Engkau menghendaki adanya kemudahan. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kumpulan Doa Sehari Hari Lengkap