Kumpulan Doa Sehari Hari Lengkap Update

Kumpulan Doa Sehari Hari | Setelah beberapa hari yang lalu saya posting mengenai Kumpulan Doa Sehari Hari dengan bab Doa menghilangkan Kesusahan, Doa Ketika Dikagetkan Sesuatu, Dan Doa Ketika Menghadapi Perkara yang menyulitkan. Kali ini kami akan kembali posting sebuah artikel dengan beberapa bab. Diantaranya yaitu Doa Apabila Merasa Kesulitan Mencari Penghidupan, Doa Agar Cepat Bisa Melunasi Hutang, Doa Ketika Bercermin, Dan Doa Ketika Melihat Sesuatu yang mengejutkan

Kita harus percaya bahwa Allah pasti akan mengabulkan doa para hamba-Nya, harus yakin betul bahwa Allah pasti mengabulkan apa yang diminta. Hanya saja pengabulan itu yang membutuhkan kesabaran, karena Allah mengabulkan doa seseorang ada yang langsung, ada yang tidak langsung. Bahkan ada doa seorang hamba yang berdoa sungguh-sungguh semasa hidupnya akan tetapi sama sekali tidak merasa dikabulkan oleh Allah sampai ia meninggal dunial, hal ini jangan dikatakan bahwa Allah tidak mengabulkan doanya, karena hasil daripada doanva biasanya dimiliki oleh anak cucunya kelak, kalau tidak cucunya herarti seterusnya masuk pada keturunan yang keberapa begitu. 

Doa Apabila Merasa Kesulitan Mencari Penghidupan 

Dari Ibnu Umar, dan Rasulullah saw. beliau bersabda, "Apabila ada yang menyulitkan ketika mencari penghidupan, maka berucaplah kalian keika akan keluar dari rumah : 



BISMILLAAHI ‘ALA NAF-SI WAMAALII, ALLAAHUMMAA RADL-DLINII BI QADLAA-IKA WA BAARIK LII FIIMAA QUDDIRALII HATTA LAA UHIBBA TA’JIILA MAA A-KHAR-TA WALAA TAK KHIIRAMAA ‘AJJAL-TA. 

Artinya : 

“Dengan menyebut nama Allah atas segenap jiwaku, hartaku dan agamaku, Ya Allah, Ridloi -lah semua itu untukku menurut ketentuan-ketentuanMu, berkahilah aku juga berkahilah apa-apa yang Engkau Takdirkan kepadaku, sehingga aku tidak disenangi mempercepat perkara yang sesungguhnya perkara itu Engkau akhirkan dan menunda -nunda perkara yang sesungguhnya Engkau mempercepat” 

Doa agar bisa cepat melunasi hutang 


Dari Ali ra. ketika ia datangi oleh Budak Mukatab, ia minta kepada Ali ra agar segera dapat melunasi dirinya. Ali ra. kemudian memberikan beberapa kalimat yang dulu diajarkan Rasulullah SAW. kepadanya, apabila seseorang mengucapkan doa tersehut walaupun hutangnya sebesar gunung akan mampu melunasinya, Kalimat itu ialah: 



ALLAAHUMMA AK-FINII BIJALAALIKA ‘AN HARAMIKA, WA-AGH-NINII BIFADL-LIKA ‘AMMAN SIWAAKA. 

Artinya: 

“Ya Allah, atas ke-AgunganMu dan Ke-MulyaanMu, cukupi lah aku lantaran ke-UtamaanMu dari orang lain (kerja) selain Engkau.” 

Maksudnya bukan uang dan Allah tapi lantaran keutamaanNya dengan memberikan jalan yang mudah setelah berdoa diatas. Kata At Thirmidzi (hadits Hasan) dibaca setiap saat pagi-pagi dan sore-sore. 

Doa Ketika Bercermin 

Dari Ali ra. sesungguhnya Rasulullah SAW. ketika bercermin mengucapkan doa : 


AL HAMDULILLAAH, ALLAAHUMMA KAMAA HASANNTA KHALQI FAHASSIN KHULUUQI 

Artinya: 

“Segala puji bagi Allah, Engkau memberikan kebagusan pada wajahku, maka juga bagusilah akhlakku.” 

Doa Menghilangkan Kemungkaran 


Dan Ibnu Mas’ud ra. kisah pada waktu terbukanva kota makkah, disekitar ka’bah masih ada herhala 360, dihancurkan berhala-berhala (bentuk kemungkaran) sambil berdoa : 



JAA-AL HAQQU WAZAAHAQAL BAATHILU, INNAL BAATIIILA KAANA ZAHUUQAN, JAA-AL HAQQU WA MAA YUBDI’UL BAATHILU WAMAA YU’IIDU. 

Artinya: 

‘Datang kebenaran dan sirna kebatilan, sesungguhnya kebatiIan itu pasti hancur, datang kebenaran dan bentuk-bentuk yang nampak batil akan segera menjauh.” 

Doa Melihat Sesuatu Yang Mengejutkan 

Dari Annas ra. Sesungguhnya Rasulullah SAW. bersabda, barang siapa yang melihat sesuatu yang mengejutkan atau menyenangkan, berkatalah: 



MAA SYAA-ALLAAHU, LAA QUWWATA ILLAA BILLAAHI LAM YADLURRAH 

Artinya: 

‘Sesuatu itu atas kehendak Allah, tidak ada kekuatan kecuali dan Dia, maka janganlah sesuatu itu menyengsarakan.”

Sebelumnya kami juga telah memposting beberapa artikel mengenai Doa Sehari Hari. Anda dapat membacanya di link berikut ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kumpulan Doa Sehari Hari Lengkap Update